Sabtu, 21 Januari 2012

Memperbaiki Inverter

Inverter merk TBE 300 Watt bisa rusak jika kelebihan beban. Di sini saya menemukan kerusakannya terjadi pada dua transistor bagian primer trafo. Dimana kerja dua transistor ini sebagai flip-flop untuk menghasilkan perubahan-perubahan listrik yang masuk ke lilitan primer trafo. Kedua transistor ini sudah dihapus kodenya oleh pabrik pembuatnya sehingga kita akan kesulitan untuk memperbaikinya. Jika anda punya masalah kerusakan terjadi pada kedua transistor ini, maka saya memberikan solusinya disini.
Inverter ini menggunakan transistor jenis mosfet sebagai switchingnya, jika keduanya terbakar bisa diganti dengan IRFZ44N. Tetapi supaya tidak langsung terbakar lagi sebelumnya coba cek pulsa switching pada bagian gerbang transistor ini berfungsi atau tidak. Jika pulsa swicthingnya sudah rusak maka IRFZ44N akan langsung terbakar jika inverter dioperasikan. Jika rangkaian pulsa swichingnya juga rusak dapat kita buat rangkaian tambahan baru menggunakan rangkaian flip-flop sederhana dengan besar frekuensi 100 kHz, moga berhasil bagi mereka yang pernah mengalami kerusakan inverter ini. Buatlah rangkaian flip-flop sederhana di bawah ini jika penggantian IRFZ44 selalu gagal dan terbakar.
Hubungkan terminal power suply 12 volt ke sakelar on-off, dan GND ke ground dari inverter tersebut. Hubungkan G1 ke gerbang mosfet "1" dan G2 ke gerbang mosfet " 2". Jika tidak ada kerusakan di bagian rangkaian output dari inverter ini,maka inverter akan beroperasi dengan baik.
                                   Sumber dari http://asriyi.blogspot.com

7 komentar:

  1. Kang..mohon pncerahanna neh..
    Klo TBE 660w,sama gk perbaikanna kya yg d atas?
    Hatur nuhun seblumna...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Inverter merek TBE gagal produk,buang2 duit saja.

    BalasHapus
  4. Persamaan dari FHP740 pada inverter

    BalasHapus
  5. salam kenal.. sekedar menambahkan saja
    Kebanyakan teknisi menyebut inverter sebagai teknologi mesin pendingin atau ac. Tapi bagi kalangan teknisi industri menyebutnya variable speed drive VSD atau variable frquency drives VFD atau inverter drive. Beberapa kerusakan yang sering muncul pada inverter drive adalah terjadi pada jalur
    tegangan input AC, capacitor, stabilizer tegangan, atau bisa juga pada rangkaian trafo.

    Penyebab kerusakan lain adalah pada jalur tegangan output yaitu pada rangkaian rectifier 3 phase. Ini biasa disebut sebagai rangkaian trigger SCR. Bisa juga disebabkan kerusakan pada komponen lain seperti modul IGBT.
    Jika ada rekan rekan yang mengalami masalah dengan electronic pada inverter drive, VSD, VFD, atau electronic control pada mesin compressor, UPS, trafo las, amplifier servomotor, transmitter gas, flow,
    pressure transmitter baik merk LG, Mitsubhisi, Siemens, Fuji dan merek lainnya silahkan hubungi 081218127854 (WA ) atau 085782229055 (WA) .

    Kami CV. solo jaya teknik beroperasi di tangerang
    wilayah Banten dan luar kota propinsi siap perbaiki dan memberikan garansi terbaik sesuai kesepakatan.

    BalasHapus